Kustomfest 2024 Gaet Wisman, Promosikan Ekraf Lokal ke Kancah Internasional

Senin, 07 Oktober 2024 - 21:30 WIB
loading...
Kustomfest 2024 Gaet...
Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap bahwa Kustomfest 2024 di Jogja Expo Center menggaet wisman dan ajang promosi produk ekraf modifikasi asli Indonesia. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap bahwa Kustomfest 2024 yang digelar di Jogja Expo Center, Jawa Tengah pada Minggu, 6 Oktober 2024 menggaet wisatawan mancanegara (wisman) dan ajang promosi produk ekonomi kreatif (ekraf) modifikasi asli Indonesia.

Pada kesempatan ini, Sandiaga menekankan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh acara ini. Pasalnya, dapat mendatangkan wisman berkualitas yang tinggal sekitar enam hari di Yogyakarta.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendorong event-event ini karena akan mendatangkan wisatawan mancanegara yang berkualitas, tinggalnya lebih kurang enam hari di Yogyakarta dan sekitarnya," kata Sandiaga.

Kustomfest, yang telah berlangsung untuk ke-13 kalinya, memamerkan kreativitas modifikator otomotif dari Indonesia. Khususnya kawasan Yogyakarta.



Pameran ini berpotensi menarik lebih banyak modifikator internasional. Sehingga diperlukan peningkatan penerbangan langsung internasional ke Yogyakarta International Airport (YIA) untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Ini juga menjadi pemicu kita untuk menghadirkan lebih banyak penerbangan langsung ke (bandara) YIA. Sehingga mendukung kegiatan seperti Kustomfest ini dan kita harapkan tahun depan akan lebih banyak lagi yang berkunjung," jelasnya.

Selain sebagai ajang wisata, Kustomfest juga menjadi tempat bagi wisman dan modifikator mancanegara untuk berbelanja produk kreatif lokal. Seperti aksesori kendaraan dan pakaian hasil karya modifikator Indonesia.

Pada edisi 2023, Kustomfest mencatat perputaran ekonomi hingga Rp20 miliar. Di mana hal ini menunjukkan pentingnya pengembangan keterampilan kerajinan tangan lokal ke depan.



"Ternyata craftsmanship kita sangat dikenal untuk kemampuan ini atau kerajinan tangan kita ini sangat-sangat diunggulkan. Ini merupakan anugerah yang harus terus dikembangkan ke depan," tandasnya.

Dalam kunjungan ke Kustomfest 2024, Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)